(ABSTRAK) MODEL PEMBELAJARAN KELINCAHAN GERAK LOMPAT MELALUI AREA LAHAN KOSONG SISWA KELAS V SD NEGERI TAHUN 2011
RINI MAS’ AMAH, 6102909184 (2011) (ABSTRAK) MODEL PEMBELAJARAN KELINCAHAN GERAK LOMPAT MELALUI AREA LAHAN KOSONG SISWA KELAS V SD NEGERI TAHUN 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF ((ABSTRAK) MODEL PEMBELAJARAN KELINCAHAN GERAK LOMPAT MELALUI AREA LAHAN KOSONG SISWA KELAS V SD NEGERI TAHUN 2011)
- Published Version
Download (120kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pembelajaran kelincahan gerak lompat melaui permainan lompat kijang bagi siswa V Sekolah Dasar dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model permainan lompat kijang), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli Penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil (10 siswa). Revisi digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan (24 Siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba lapangan, (7), hasil akhir model pembelajaran kelincahan gerak lompat melalui permainan lompat kijang bagi siswa kelas V SD N Sugihan 04 yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran), uji coba kelompok kecil (10 siswa SD N Sugihan 04), dan uji lapangan (24 siswa SD N Sugihan 04). Data hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik anaisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli Penjas 82.67 % (baik), ahli pembelajaran I 85.27 % (baik), ahli pembelajaran II 86.67 % (baik), uji coba kelompok kecil 86.33 % (baik), dan uji coba lapangan 93.60 % (sangat baik). dari data yang ada maka dapat disimpulakan bahwa model pembelajaran kelincahan gerak lompat melalui permainan lompat kijang ini dapat digunakan bagi siswa SD N Sugihan 04 Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan bagi guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar untuk menggunakan produk model pembelajaran kelincahan gerak lompat melalui permainan lompat kijang ini pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gerak lompat, model pembelajaran |
Subjects: | O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 30 Nov 2011 08:21 |
Last Modified: | 30 Nov 2011 08:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10165 |
Actions (login required)
View Item |