(ABSTRAK.pdf)Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Media CD Pokok Bahasan Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik SMA Negeri Ajibarang Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran 2009/2010


Zakia Rahmah Miladia, 7101406515 (2010) (ABSTRAK.pdf)Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Media CD Pokok Bahasan Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik SMA Negeri Ajibarang Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
PDF (ABSTRAK) - Published Version
Download (108kB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar merupakan salah satu parameter yang digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan proses belajar mengajar. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah strategi yang dipilih guru dalam memilih model pembelajaran dan media pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) yang dilengkapi dengan penggunaan media CD dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Perpaduan model pembelajaran CPS yang dibantu dengan media CD dalam pembelajaran melatih siswa dalam mengorganisasikan gagasan kreatif untuk untuk menyelesaikan suatu permasalahan dalam suasana yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan media CD terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri Ajibarang tahun ajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IS SMA Negeri Ajibarang. Dengan teknik random sampling diperoleh kelas XI IS 1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran CPS berbantuan media CD dan kelas XI IS 2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran CTL. Data diambil dengan teknik tes dan dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian sebelum treatment menunjukkan nilai rata-rata pre test untuk kelas eksperimen 51,56 dan kelas kontrol 55,79 Sedangkan nilai rata-rata post test untuk kelas eksperimen 82,15 dan nilai untuk kelas kontro 72,05. Prestasi belajar untuk kelas eksperimen meningkat 30,59 dan prestasi belajar untuk kelas kontrol meningkat 16,26. Simpulan dari penelitian ini adalah 1). Prestasi belajar akuntansi peserta didik pada pokok bahasan jurnal penyesuaian perusahaan jasa dengan menggunakan model pembelajaran CPS berbantuan media CD lebih efektif dibandingkan model pembelajaran CTL, kesimpulan ini didasarkan dari hasil uji t diperoleh sig (2-tailed) = 0,000 kurang dari taraf signifikan (α) = 0,05, maka Ho ditolak. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah 1). Guru Akuntansi SMA Negeri Ajibarang hendaknya mengimplementasikan model pembelajaran CPS berbatuan media CD sebagai alternatif usaha perbaikan pembelajaran di sekolah dalam mengefektifkan pembelajaran akuntansi khususnya pada pokok bahasan jurnal penyesuaian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Media CD, Prestasi Belajar, Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Alvian Unnes
Date Deposited: 30 Nov 2011 04:31
Last Modified: 30 Nov 2011 04:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10149

Actions (login required)

View Item View Item