(ABSTRAK.doc)Pemetaan Perumahan Real Estate di Kecamatan Ungaran Barat dan Ungaran Timur Menggunakan SIG (Sistem Informasi Geografis).


Muhammad Luthfi Syifaul Karim, 3252307019 (2010) (ABSTRAK.doc)Pemetaan Perumahan Real Estate di Kecamatan Ungaran Barat dan Ungaran Timur Menggunakan SIG (Sistem Informasi Geografis). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ABSTRAK] Microsoft Word (ABSTRAK) - Published Version
Download (219kB)

Abstract

Perumahan adalah kelompok rumah yang berfungsi sebagai lingkungan tempal tinggal atau lingkungan hunian yang dilengkapi dengan prasarana dan sarana lingkungan. Real Estate merupakan salah satu bentuk dari aset. Perwujudan real estate ini tidak hanya berupa kepemilikan hunian mewah, karena pada dasarnya, real estate adalah hak untuk memiliki sebidang tanah dan memanfaatkan apa saja yang ada di dalamnya. Sebagai salah satu bentuk aset,perumahan real estate telah mengalami perkembangan seiring dengan munculnya berbagai teknologi dan informasi yang terjadi di seluruh penjuru dunia.Terdapat permasalahan tentang dimana saja lokasi sebaran perumahan real estate dan tipe apa saja yang ada di lokasi perumahan real estate Kecamatan Ungaran Barat dan Ungaran Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lokasi dan tipe perumahan real estate Kecamatan Ungaran Barat dan Ungaran Timur dan melakukan pemetaan tentang lokasi dan tipe apa saja yang ada di perumahan real estate Kecamatan Ungaran Barat dan Ungaran Timur. Penyusunan Tugas Akhir ini berlokasi di Kecamatan Ungaran Barat dan Ungaran Timur. Menggunakan metode observasi, yaitu pengumpulan data dan peta, pengumpulan data diperoleh dari survey lapangan dan peta diperoleh dari dinas instansi terkait. Survey dilakukan dengan melakukan penelitian langsung ke lapangan dengan cara mengecek langsung keadaan sebenarnya di lapangan. Menentukan titik koordinat Real Estate dengan menggunakan GPS (Global Possitioning Syistem). Dilakukan pengolahan data dari hasil survey lapangan dengan pengumpilan data yang telah diambil dan cek langsung ke lapangan. Dari Pengumpulan data, ceking lapangan, pengolahan data dan editing peta menggunakan software arcview 3.3. Penelitian ini menghasilkan beberapa peta yaitu Peta Administrasi Kecamatan Ungaran Barat dan Ungaran Timur, Peta Penggunaan Lahan Kecamatan Ungaran Barat dan Ungaran Timur dan Peta Real Estate Kecamatan Ungaran Barat dan Ungaran Timur, yang berbentuk diagram batang tentang jumlah tipe-tipe rumah dari awal tahun pembuatan sampai dengan tahun 2010, berdasarkan pada tiap-tiap kelurahan yang memiliki perumahan real estate. Perumahan real estate di Kecamatan Ungaran Barat dan Ungaran Timur memilliki tipe rumah kecil (21), tipe sedang (45-54), dan tipe besar ( tipe 70). Dan saat ini memiliki jumlah yang lebih banyak dibandingakan pada awal tahun pembuatan perumahan real estate tersebut. Perumahan real estate yang terletak pada di Kecamatan Ungaran Barat yaitu Kelurahan Ungaran, Bandarjo, Lerep, Nyatnyono, Langensari, dan Genuk . Sedangkan Kecamatan Ungaran Timur yaitu Kelurahan Susukan, Leyangan, Beji, Kalongan, Kalirejo, Gedanganak, dan Sidomulyo. Dari hasil penelitian di atas, Kecamatan Ungaran Barat dan Ungaran Timur memiliki 37 lokasi perumahan real estate dengan tipe yang sudah disebutkan di atas. 20 titik di Kecamatan Ungaran Barat dan 17 titik di Kecamatan Ungaran Timur.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perumahan, real estate, SIG, pemetaan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Survei dan Pemetaan Wilayah, D3
Depositing User: Alvian Unnes
Date Deposited: 30 Nov 2011 03:56
Last Modified: 30 Nov 2011 03:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10146

Actions (login required)

View Item View Item