HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 JATIBARANG BREBES TAHUN AJARAN 2010/2011


Ike Anggita Arumsari , 1301405102 (2011) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 JATIBARANG BREBES TAHUN AJARAN 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PADA SISWA  KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 JATIBARANG BREBES TAHUN AJARAN 2010/2011]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 JATIBARANG BREBES TAHUN AJARAN 2010/2011) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Konsep diri merupakan pandangan individu dari apa yang dipikirkan secara fisik, sosial, dan psikologis. Konsep diri yang positif akan memotivasi individu untuk selalu berpikiran positif dan berperilaku positif. Komunikasi antarpribadi ditentukan oleh konsep diri individu sebab seorang individu yang mempunyai konsep diri positif akan menjadi pribadi yang terbuka dan percaya diri dengan lingkungan sekitarnya. Berdasarkan uraian tersebut timbul keinginan peneliti untuk meneliti tentang: 1) bagaimanakah gambaran konsep diri dan komunikasi antarpribadi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jatibarang Brebes Tahun Ajaran 2010/ 2011, dan 2) adakah hubungan antara konsep diri dan komunikasi antarpribadi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) ingin mendapatkan informasi secara objektif tentang konsep diri dan komunikasi antarpribadi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jatibarang Brebes Tahun Ajaran 2010/ 2011, dan 2) mengetahui hubungan antara konsep diri dan komunikasi antarpribadi siswa. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jatibarang Tahun Ajaran 2010/ 2011 sebanyak 342 siswa yang terbagi dalam 9 kelas . Sampel diambil secara random sampling sebanyak 90 siswa, yang diambil dari tiap-tiap kelas 10 siswa. Variabel yang diteliti ada dua yaitu konsep diri sebagai variabel bebas dan komunikasi antarpribadi siswa sebagai variabel terikat. Data diambil dengan skala psikologis. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa konsep diri siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jatibarang Brebes adalah dalam kriteria tinggi dengan persentase 54,44% sedangkan komunikasi antarpribadi siswa termasuk kriteria tinggi yaitu dengan persentase 83,33%. Hasil analisis korelasi memperoleh koefisien korelasi 0,514. Pada α = 5% dengan N = 90 diperoleh = 0,207. Karena = 0,488 > = 0,207, yang berarti ada hubungan antara konsep diri dan komunikasi antarpribadi siswa kelas VIII di SMP N 2 Jatibarang Brebes. Berkaitan dengan hasil penelitian ini, peneliti dapat mengajukan saran antara lain: 1) bagi para siswa hendaknya percaya diri, optimis, dan selalu terbuka dengan lingkungan sekitarnya, karena dengan optimis dan percaya diri siswa akan menjadi pribadi yang mandiri, serta dengan terbuka di lingkungannya termasuk guru pembimbing maka permasalahan yang dialami siswa dapat teratasi dan siswa memiliki banyak teman, dan 2) perlunya kerja sama antara guru pembimbing dengan guru mata pelajaran serta wali kelas untuk memberikan bimbingan dan perhatian terhadap perkembangan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: konsep diri, komunikasi antarpribadi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2011 03:55
Last Modified: 25 Apr 2015 07:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10145

Actions (login required)

View Item View Item