PENERAPAN MACROMEDIA FLASH PROFFESIONAL 8 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI SISTEM REM PADA SISWA KELAS XII TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF SMK NU HASYIM ASYARI TARUB TEGAL


Fiki Firdaus, 5201406038 (2011) PENERAPAN MACROMEDIA FLASH PROFFESIONAL 8 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI SISTEM REM PADA SISWA KELAS XII TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF SMK NU HASYIM ASYARI TARUB TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MACROMEDIA FLASH PROFFESIONAL 8  SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI  SISTEM REM PADA SISWA KELAS XII TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF SMK NU HASYIM ASYARI TARUB TEGAL]
Preview
PDF (PENERAPAN MACROMEDIA FLASH PROFFESIONAL 8 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI SISTEM REM PADA SISWA KELAS XII TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF SMK NU HASYIM ASYARI TARUB TEGAL) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan prestasi belajar dengan penggunaan macromedia flash professional 8 sebagai media pembelajaran terhadap kompetensi sistem rem pada siswa kelas XII teknik mekanik otomotif SMK NU Hasyim Asy’ari. Metode yang dipakai adalah dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis Quasi Eksperimental dengan bentuk non randomized control group pretest-posttest design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Teknik Mekanik Otomotif SMK NU Hasyim Asy’ari Tarub 2010 yang berjumlah 4 kelas.Penentuan sample/ kelompok perlakuan dilakukan secara random selection. Peneliti mengambil 2 dari empat kelas yang ada untuk dijadikan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pengumpulan data menggunakan tes, analisis data dengan teknik statistik deskriptif dan analisis hitung dengan uji-t dua pihak. Hasil penelitiaan diperoleh, bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar. Hal ini ditunjukkan dengan t-test dua pihak menghasilkan thitung ≥ ttabel yaitu thitung 7,94 dan nilai ttabelsebesar 1,99. Pengujian peningkatan hasil belajar dilakukan dengan cara deskriptif prosentase yaitu membandingkan selisih antara nilai awal rata-rata hasil belajar dengan nilai akhir rata-rata hasil belajar pada tiap kelompok.Prestasi belajar siswa pada kompetensi sistem rem mengalami peningkatan yang signifikan dengan media pembelajaran dengan maromedia flash professional 8. Selisih nilai rata-rata kelompok kontrol yaitu 5,72 poin, jadi peningkatan kelompok kontrol sebesar 9,9%, sedangkan selisih nilai rata-rata kelompok eksperimen yaitu 21,39, jadi peningkatan kelompok eksperimen sebesar 36,93% . Karena nilai thitung lebih besar dari ttabel, maka Ha yang berbunyi “Adapeningkatanprestasi belajar kompetensi sistem rem setelah menggunakan media pembelajaran dengan macromedia flash professional 8” diterima. Saran yang dikemukakan adalah, penggunaanmedia pembelajaran dapat meningkatkan pemahamansiswa, maka sebaiknya untuk pelajaran yang sifatnya aplikatif digunakan media pembelajaran untuk membantu siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, otomotif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2011 00:46
Last Modified: 25 Apr 2015 07:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10113

Actions (login required)

View Item View Item