Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA PGRI 1 Pati


Mareta Rimaningtyas , 3501406519 (2011) Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA PGRI 1 Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA PGRI 1 Pati]
Preview
PDF (Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA PGRI 1 Pati) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

viii SARI Rimaningtyas, Mareta. 2011. Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA PGRI 1 Pati. Skripsi, Jurusan Sosiologi dan Antropoplogi. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang. Kata kunci : aktivitas belajar, model pembelajaran kooperatif , jigsaw, mata pelajaran Sosiologi. Proses pembelajaran Sosiologi di SMA PGRI 1 Pati didominasi penggunaan metode ceramah sehingga siswa cenderung pasif di kelas. Kegiatan pembelajaran yang masih menggunakan ceramah ini kurang mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa. Salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa adalah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses belajar mengajar Sosiologi kelas XI IPS2 SMA PGRI 1 Pati?. (2) Hambatanhambatan apakah yang dihadapi dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatan aktivitas belajar siswa dalam proses belajar mengajar Sosiologi di kelas XI IPS2 SMA PGRI 1 Pati? Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran Sosiologi di kelas XI IPS 2 SMA PGRI 1 Pati. (2) mengetahui hambatan-hambatan apakah yang dihadapi dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses belajar mengajar Sosiologi di kelas XI IPS 2 SMA PGRI 1 Pati. Pendekatan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diolah dan diperiksa dengan menggunakan teknik triangulasi untuk pengecekan keabsahan data. Kemudian data tersebut dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Setelah dilakukan pengamatan dan evaluasi yang diketahui yaitu (a) Tingkat kerjasama kelompok 92,22%, (b) Mengemukan pendapat secara lisan kepada kelompok ahli 78,33, (c) Mengemukakan pendapat secara lisan pada kelompok asal 77,22%, (d) Siswa memberikan kesempatan berpendapat kepada teman dalam kelompok 76,11%, siswa dengan baik ketika teman berpendapat 86,66%, (e) Memberi gagasan yang cemerlang 77,77%, (f) Saling membantu dalam menyelesaikan masalah 77,22%. (2) Dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ternyata terdapat beberapa hambatan, yang menjadi hambatan dalam proses belajar mengajar Sosiologi seperti: saat pembentukan kelompok baik kelompok asal maupun kelompok ahli, dan rasa kurang percaya diri siswa dalam mengemukakan pendapat. Kesimpulan dalam penelitian ini, (1) Aktivitas siswa mengalami peningkatan di antaranya siswa telah mampu melibatkan diri dalam proses pembelajaran seperti memberikan argumen, pertanyaan, serta menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru. Pada kegiatan diskusi kelompok asal dan kelompok ahli, siswa telah mampu berperan aktif selama kegiatan berlangsung, mengkoordinir kelompok agar masing-masing anggota dapat bekerja sama, bertanggung jawab, berbagi kepemimpinan, dan dapat mengaitkan materi yang dipelajari dengan fenomena sosial, mengajukan dan menjawab pertanyaan diskusi. Selama proses belajar mengajar berlangsung. (2) Hambatan- hambatanya yaitu pada saat pembentukan kelompok dan rasa kurang percaya diri pada siswa dalam mengemukakan pendat. Saran penulis terkait dengan peningkatan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw (1) dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw hendaknya guru perlu melatih keterampilan pada saat pembetukan kelompok asal dan kelompok ahli (2) dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw guru harus pandai sebagai fasilitator.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, model pembelajaran kooperatif , jigsaw, mata pelajaran Sosiologi.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 30 Nov 2011 00:13
Last Modified: 25 Apr 2015 07:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10104

Actions (login required)

View Item View Item