Pengembangan Model Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok Dalam Penjasorkes Dengan Lingkungan Bantaran Sungai Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Jebed Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang Tahun 2010/2011


ADI WIRANTO , 6102909151 (2011) Pengembangan Model Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok Dalam Penjasorkes Dengan Lingkungan Bantaran Sungai Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Jebed Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang Tahun 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Model Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok Dalam Penjasorkes Dengan Lingkungan Bantaran Sungai Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Jebed Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang Tahun 2010/2011]
Preview
PDF (Pengembangan Model Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok Dalam Penjasorkes Dengan Lingkungan Bantaran Sungai Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Jebed Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang Tahun 2010/2011) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pengembangan model pembelajaran lompatjauh gaya jongkok dalam penjasorkes dengan lingkungan bantaran sungai pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Jebed Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang.Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dalam penjasorkes dengan lingkungan bantaran sungai pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Jebed Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian pengembangan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 18. Variabel bebas yaitu latihan lompat naik turun jalan bantaran sungai dan latihan loncat katak, serta varibel terikat yaitu tingkat kemampuan siswa dan tingkat motivasi siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada uji coba I dengan 10 siswa di peroleh rata-rata kelas sebesar 63.12% dengan kriteria cukup layak dengan revisi produk. Kemudian pada uji coba II dengan menambah jumlah siswa menjadi 18 diperoleh rata-rata kelas sebesar 80.9% dengan kriteria sangat baik dan layak digunakan dengan minat siswa yang didapat dari pengambilan angket sebesar 90% - 100%. Berdasarkan data tersebut sangat jelas menunjukan bahwa tingkat keberhasilan dan siswa dalam mengikuti model pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dengan lingkungan bantaran sungai sangat signifikan dan diminati oleh siswa. Dari hasil penelitian, disarankan pada guru-guru Penjasorkes di SD dalam meningkatkan keberhasilan pembelajaran lompat jauh serta motivasi siswa dapat melakukan pengembangan model pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dengan lingkungan bantaran sungai ataupun dengan lingkungan lainnya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Model Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok Dalam Penjasorkes
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 30 Nov 2011 00:09
Last Modified: 25 Apr 2015 07:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10103

Actions (login required)

View Item View Item