Pengaruh Situasi Kompetisi Kerja terhadap Fear of Success pada Pegawai Wanita (Studi Di PD. BPR BKK Ungaran Kantor Pusat dan Seluruh Kantor Cabang)


Ratna Mulya Sari , 1550406526 (2011) Pengaruh Situasi Kompetisi Kerja terhadap Fear of Success pada Pegawai Wanita (Studi Di PD. BPR BKK Ungaran Kantor Pusat dan Seluruh Kantor Cabang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Situasi Kompetisi Kerja terhadap Fear of Success pada Pegawai Wanita (Studi Di PD. BPR BKK Ungaran Kantor Pusat dan Seluruh Kantor Cabang)]
Preview
PDF (Pengaruh Situasi Kompetisi Kerja terhadap Fear of Success pada Pegawai Wanita (Studi Di PD. BPR BKK Ungaran Kantor Pusat dan Seluruh Kantor Cabang)) - Published Version
Download (891kB) | Preview

Abstract

Karyawan melakukan kompetisi didasari adanya keinginan untuk berpestasi dalam hal pekerjaan. Hal ini harus didukung oleh perusahaan dalam memahami aspek psikologis yang mendasari karyawan melakukan pekerjaan. Salah satunya dengan memberi kesempatan pada karyawan untuk mencapai karir yang tinggi. Namun kenyataannya di PD BPR BKK Ungaran banyak pegawai wanita yang tidak memanfaatkan kesempatan pengembangan karir yang diberikan perusahaan. Banyak dari mereka yang menolak dipromosikan jabatan dengan alasan beban kerja yang meningkat dan situasi kerja yang semakin kompetitif akan menimbulkan konflik dengan rekan kerja, sehingga mereka memilih untuk bekerja dengan biasa-biasa saja. Hal tersebut diduga karena persaingan dan prestasi membuat wanita tidak nyaman dan cenderung akan menghindari keadaan ini. Hal tersebut pada gilirannya akan menimbulkan motive to avoid success atau motivasi untuk menghindari sukses yang kemudian diistilahkan dengan fear of success atau ketakutan akan sukses dalam diri wanita. Berdasarkan latar belakang tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh positif yang signifikan situasi kompetisi kerja terhadap fear of success pada pegawai wanita di PD BPR BKK Ungaran kantor pusat dan seluruh kantor cabang. Subjek penelitian berjumlah 40 orang yang ditentukan menggunakan teknik random sampling. Situasi kompetisi kerja diukur dengan menggunakan skala situasi kompetisi kerja. Skala situasi kompetisi kerja mempunyai nilai reliabilitas sebesar 0,917. Skala situasi kompetisi kerja mempunyai 41 aitem valid dari aitem awal sejumlah 44 aitem. Sedangkan fear of success diukur dengan menggunakan skala fear of success. Skala fear of success mempunyai nilai reliabilitas sebesar 0,924. Skala fear of success mempunyai 47 aitem valid dari item awal sejumlah 60 aitem. Uji korelasi menggunakan teknik analisis regresi ganda yang dikerjakan menggunakan bantuan program SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan variabel situasi kompetisi kerja pada subjek penelitian berada pada kategori tinggi, yang berarti bahwa situasi kompetisi kerja yang dimiliki pegawai wanita tinggi. Variabel fear of success pada subjek penelitian berada pada kriteia tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara situasi kompetisi kerja dengan fear of success dengan nilai r = 0,782 dengan nilai signifikansi atau p = 0,00.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: situasi kompetisi kerja, fear of success
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Nov 2011 08:30
Last Modified: 25 Apr 2015 07:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10099

Actions (login required)

View Item View Item