Penggunaan Internet Sebagai Penunjang Kegiatan Belajar Mengajar Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di Kelas X ICT SMA Negeri 4 Semarang Tahun Ajaran 2010/2011
Lingga Cahya Farista , 3501407054 (2011) Penggunaan Internet Sebagai Penunjang Kegiatan Belajar Mengajar Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di Kelas X ICT SMA Negeri 4 Semarang Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Penggunaan Internet Sebagai Penunjang Kegiatan Belajar Mengajar Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di Kelas X ICT SMA Negeri 4 Semarang Tahun Ajaran 2010/2011)
- Published Version
Download (544kB) | Preview |
Abstract
vi ii SARI Lingga Cahya Farista. 2011. Penggunaan Internet Sebagai Penunjang Kegiatan Belajar Mengajar Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di Kelas X ICT SMA Negeri 4 Semarang Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi, Jurusan Sosiologi dan Antropologi, FIS UNNES. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Dra. Elly Kismini, M.Si, II : Arif Purnomo, S.Pd, S.S., M.Pd. Kata kunci : Penggunaan internet, KBM, Sosiologi Setiap tingkatan kelas, baik kelas X, XI, maupun XII di SMA Negeri 4 Semarang masing-masing memiliki satu kelas ICT. Untuk kelas XI dan XII karena sudah mengalami penjurusan, maka pihak sekolah menenetapkan bahwa kelas ICT dikhususkan untuk jurusan IPA sehingga tidak ada mata pelajaran Sosiologi dalam proses pembelajarannya. Sedangkan untuk kelas X ICT mata pelajarannya masih bersifat umum, baik IPA maupun IPS sehingga terdapat mata pelajaran Sosiologi dalam pembelajarannya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian adalah (1) Bagaimana profil kelas X ICT SMA Negeri 4 Semarang tahun ajaran 2010/2011? (2) Bagaimana penggunaan internet sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran sosiologi di kelas X ICT SMA Negeri 4 Semarang? (3) Kendala-kendala apa yang terjadi dalam penggunaan internet sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran sosiologi di kelas X ICT SMA Negeri 4 Semarang? Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Diperoleh 10 informan yaitu 8 siswa kelas X ICT, guru Sosiologi dan kepala SMA Negeri 4 Semarang. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kelas X ICT SMA Negeri 4 Semarang tahun ajaran 2010/2011 merupakan kelas khusus yang yang para siswanya difokuskan untuk mewakili olimpiade. Kelas X ICT memiliki perbedaan jika dibanding kelas reguler yaitu kelas ini menggunakan fasilitas internet secara langsung dalam proses pembelajaran, jumlah siswa lebih sedikit dibandingkan kelas reguler yang lain yaitu 32 siswa. Ruang kelas ini lebih nyaman dibanding kelas yang lain karena dilengkapi AC. Sedangkan sistem rekrutmen kelas X ICT adalah dengan diadadakan tes untuk mata pelajaran MIPA. (2) Penggunaan internet sangat menunjang dalam proses pembelajaran Sosiologi di kelas X ICT SMA Negeri 4 Semarang, terutama informasi yang diperoleh yang aktual dan faktual dan tidak terbatas pada batas wilayah atau negara bahkan dapat menjangkau informasi dari seluruh dunia. Tidak semua pokok bahasan di kelas X ICT memanfaatkan media internet, materi sosiologi yang menggunakan media internet antara lain adalah interaksi sosial, perubahan sosial, perilaku menyimpang dan pengendalian sosial. (3) Kendala-kendala yang terjadi dalam penggunaan internet sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran Sosiologi di kelas X ICT SMA Negeri 4 Semarang meliputi kendala teknis dan penyalahgunaan internet oleh siswa. Kendala teknis yaitu akses internet yang lambat, hal ini disebebkan karena program atau software terkena virus. Sedangkan penyalahgunaan akses internet yang dilakukan oleh siswa seperti bernain game, facebook, twitter dan download lagu sehingga kelas menjadi sangat ramai. Akses internet yang lambat, hal ini disebebkan karena program atau software terkena virus. Saran yang diajukan adalah (1) bagi pengelola kelas ICT SMA Negeri 4 Semarang, sebaiknya manajemen kelas ICT perlu ditingkatkan seperti meningkatkan kinerja hardware dengan memperbaiki hardware dan memperbaharui software sehingga kendala karena hardware yang ketinggalan atau kendala adanya virus dalam program komputer dapat ditangani, (2) bagi guru SMA Negeri 4 Semarang khususnya guru sosiologi, sebaiknya mengikuti pelatihan atau kursus singkat seperti workshop tentang penggunaan internet agar proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Sosiologi di kelas ICT berlangsung lebih efektif, (3) Bagi guru sosiologi SMA Negeri 4 Semarang, pembelajaran sosiologi berbasis internet sebaiknya dikembangkan lagi menjadi pembelajaran yang berbasis e-learning misalnya dengan membuat blog/website khusus untuk mata pelajaran sosiologi
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan internet, KBM, Sosiologi |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 29 Nov 2011 07:22 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 07:47 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10094 |
Actions (login required)
View Item |