“ SURVEY TINGKAT KESEGARAN JASMANI SISWA SD KELAS V DI GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN TIRTO KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2010”
ABDUL HAKIM LATHIF, 6101908099 (2011) “ SURVEY TINGKAT KESEGARAN JASMANI SISWA SD KELAS V DI GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN TIRTO KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2010”. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.
Microsoft Word (“ SURVEY TINGKAT KESEGARAN JASMANI SISWA SD KELAS V DI GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN TIRTO KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2010”)
Download (63kB) |
Abstract
SARI Abdul Hakim Lathif, 2010. Survey Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa SD Kelas V Di Gugus Diponegoro Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan Tahun 2010. Skripsi . Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Semarang . pembimbing I : Drs. Endro Puji P, M.Kes., Pembimbing II : Agus Pujianto, S.Pd., M.Pd. Setiap siswa membutuhkan kesegaran jasmani diantaranya kekuatan, daya tahan, daya otot, kecepatan, daya lentur, kelincahan, koordinasi, keseimbangan, ketepatan dan reaksi yang bagus agar dapat belajar secara optimal sehingga dapat meraih prestasi yang baik. Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani Siswa SD Kelas V Di Gugus Diponegoro Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan Tahun 2010. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai sumber informasi dan sumber kajian dalam ilmu pengetahuan tentang tingkat kesegaran jasmani Siswa SD Kelas V Di Gugus Diponegoro Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan Tahun 2010. Populasi penelitian adalah seluruh Siswa SD Kelas V Di Gugus Diponegoro Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan Tahun 2010 sebanyak 138 siswa . Tehnik sampling yang digunakan dalam tes adalah total sampling, yaitu mengambil seluruh populasi sebanyak 138 siswa sebagai sampel penelitian. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari tingkat kesegaran jasmani Siswa SD Kelas V Di Gugus Diponegoro Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan Tahun 2010. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Selanjutnya data yang diperoleh di analisis dengan menggunakan analisis deskiptif presentase. Hasil penelitian tentang kesegaran jasmani Siswa SD Kelas V Di Gugus Diponegoro Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan Tahun 2010 yaitu baik sekali (0,00%) baik (2,17%), sedang (28,99%), kurang (60,87%) dan kurang sekali (7,97%). Berdasarkan hasil tersebut Siswa SD Kelas V Di Gugus Diponegoro Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan Tahun 2010 tingkat kesegaran jasmaninya sebagian besar kurang. Hal ini disebabkan oleh kurangnya asupan gizi pada siswa, kurangnya siswa melakukan aktifitas fisik, kurangnya perhatian terhadap kesehatan pribadi dan lingkungan,kurangnya istirahat pada siswa sehingga mengakibatkan tingkat kesegaran jasmani kurang. Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian yaitu Siswa SD Kelas V Di Gugus Diponegoro Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan Tahun 2010 memiliki tingkat kesegaran jasmani yang kurang. Oleh karena itu penulis mengajukan beberapa saran antara lain : 1) Bagi siswa yang masih memliki tingkat kesegaran jasmani kurang hendaknya lebih meningkatkan aktifitas fisiknya melalui peningkatan aktifitas olahraga maupun melalui pemilihan jenis permainan yang melibatkam aktifitas fisik seperti daya tahan, kecepatan dan koordinasi. 2). Bagi guru pendidikan jasmani lebih mengefektifkan pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler yang diampunya mengarah pada peningkatan kesegaran jasmani seperti menambah latihan fisik misalnya lari jarak jauh, lari cepat dan aktifitas fisik yang berkaitan dengan peningkatan kapasitas vital paru dan tingkat kesegaran jasmani. 3). Bagi sekolah hendaknya lebih serius dalam memperhatikan kelengkapan sarana dan prasarana olahraga yang ada di sekolah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Users 3263 not found. |
Date Deposited: | 29 Nov 2011 07:16 |
Last Modified: | 29 Nov 2011 07:18 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10089 |
Actions (login required)
View Item |