Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal- soal pada Materi Pokok Suku Banyak Kelas XI IPA Semester 2 SMA Negeri 1 Wiradesa Kabupaten Pekalongan


Janatun. , Matematika (2011) Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal- soal pada Materi Pokok Suku Banyak Kelas XI IPA Semester 2 SMA Negeri 1 Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal- ] Microsoft Word (Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal- )
Download (77kB)

Abstract

Janatun. 2010. Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal- soal pada Materi Pokok Suku Banyak Kelas XI IPA Semester 2 SMA Negeri 1 Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Skripsi, Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Utama: Dr. Rochmad, M.Si, Pembimbing Pendamping: Drs. Sugiman, M.Si. Kata kunci : analisis kesalahan, suku banyak. Suku banyak adalah salah satu materi pokok untuk peserta didik SMA kelas XI IPA. Untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang berhubungan dengan materi pokok suku banyak diperlukan ketelitian serta pemahaman tentang konsep-konsepnya. Sering kali peserta didik melakukan kesalahan saat proses penyelesaiannya. Kesalahan tersebut antara lain kesalahan konsep, kesalahan menggunakan data, kesalahan interpretasi bahasa, kesalahan teknis, dan kesalahan dalam penarikan kesimpulan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kecenderungan kesalahan apa sajakah yang dilakukan oleh peserta didik kelas XI IPA semester 2 SMA Negeri 1 Wiradesa dalam menyelesaikan soal-soal materi pokok suku banyak serta bagaimana kesalahan tersebut terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan kesalahan peserta didik kelas XI IPA semester 2 SMA Negeri 1 Wiradesa dalam menyelesaikan soal-soal pada materi pokok suku banyak serta bagaimana kesalahan tersebut terjadi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan wawancara. Metode tes yaitu dengan memberikan 10 soal uraian tentang materi pokok suku banyak kepada subjek penelitian. Sedangkan materi wawancara berisi tentang kesalahan-kesalahan dan kendala-kendala yang dihadapi subjek penelitian dalam menyelesaikan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah 88 peserta didik dari kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMA Negeri 1 Wiradesa. Setelah diperoleh nilai dari masing-masing peserta didik, nilai tersebut diurutkan dari yang terbesar hingga terkecil. Hasil urutan ini kemudian dibagi menjadi tiga bagian dengan kriteria urutan ke-1 sampai dengan urutan ke-29 sebagai kelompok atas, urutan ke-30 sampai dengan urutan ke-59 sebagai kelompok tengah, dan urutan ke-60 sampai dengan urutan ke-88 sebagai kelompok bawah. Selanjutnya dari masing-masing kelompok tersebut diambil lima peserta didik pada urutan lima terbawah yang akan diteliti lebih lanjut. Berdasar analisis terhadap hasil penelitian diketahui bahwa 88 subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Wiradesa cenderung melakukan kesalahan teknis dan kesalahan konsep. Persentase kesalahan teknis dan kesalahan konsep yang dilakukan oleh 88 subjek penelitian dalam menyelesaikan 10 soal materi pokok suku banyak adalah masing-masing sebesar 18,30% dan 15,34%. Sedangkan berdasarkan wawancara dengan 15 subjek penelitian, dapat disimpulkan bahwa kecenderungan kesalahan teknis dan konsep tersebut terjadi karena faktor kurang teliti dalam melakukan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 3314 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2011 07:12
Last Modified: 29 Nov 2011 07:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10086

Actions (login required)

View Item View Item