EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ASLI DILENGKAPI CD PEMBELAJARAN PADA MATERI GERAK TUMBUHAN DI SMP N 1 BATANGAN PATI


Dwi Ernawati, 4401406012 (2011) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ASLI DILENGKAPI CD PEMBELAJARAN PADA MATERI GERAK TUMBUHAN DI SMP N 1 BATANGAN PATI. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PENGGUNAAN  MEDIA ASLI DILENGKAPI CD PEMBELAJARAN PADA MATERI GERAK TUMBUHAN DI SMP N 1 BATANGAN PATI] Microsoft Word (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ASLI DILENGKAPI CD PEMBELAJARAN PADA MATERI GERAK TUMBUHAN DI SMP N 1 BATANGAN PATI)
Download (61kB)

Abstract

ABSTRAK Ernawati, Dwi. Efektivitas Penggunaan Media Asli dilengkapi CD Pembelajaran pada Materi Gerak Tumbuhan di SMP N 1 Batangan Pati. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang. Andin Irsadi, S. Pd., M.Si. dan Drs. Eling Purwantoyo, M.Si. Hasil observasi di SMP N 1 Batangan Pati diketahui bahwa metode pembelajaran yang digunakan khususnya pada pembelajaran biologi tidak bervariasi, guru menjadi sumber dan pemberi informasi utama dalam proses pembelajaran serta jarang memanfaatkan media pembelajaran. Hasil belajar siswa pada materi gerak tumbuhan hanya 51,4% siswa kelas VIII yang dinyatakan tuntas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran IPA (65). Permasalahan tersebut diatasi dengan menghadirkan suatu pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, membuat siswa terlibat secara langsung dalam pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan adalah pembelajaran menggunakan media asli dilengkapi compact disc (CD) pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan media asli dilengkapi CD pembelajaran terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran gerak tumbuhan. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP N 1 Batangan Pati. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi-eksperimen dengan desain the one shot case study. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Variabel bebas penelitian ini adalah penggunaan media asli dilengkapi CD pembelajaran dalam proses pembelajaran sedangkan variabel terikatnya adalah aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi gerak tumbuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 90% siswa aktif dalam pembelajaran dan 93,7% siswa telah melampaui KKM SMP N 1 Batangan Pati (≥ 75% siswa aktif dalam pembelajaran dan ≥ 85% siswa memperoleh nilai ≥ 65). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan media asli dilengkapi CD pembelajaran efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi gerak tumbuhan. Maka disarankan untuk menggunakan media asli dilengkapi CD pembelajaran pada materi gerak tumbuhan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : media asli, CD pembelajaran, pembelajaran gerak tumbuhan
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 3263 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2011 07:07
Last Modified: 29 Nov 2011 07:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10081

Actions (login required)

View Item View Item