PENGARUH PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH PERILAKU BERKARYA (MPB) DAN PERSEPSI MAHASISWA MENGENAI BIMBINGAN GURU PAMONG TERHADAP KOMPETENSI PPL MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN AKUNTANSI FE UNNES ANGKATAN TAHUN 2006


Dwi Listiyorini, 7101406070 (2011) PENGARUH PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH PERILAKU BERKARYA (MPB) DAN PERSEPSI MAHASISWA MENGENAI BIMBINGAN GURU PAMONG TERHADAP KOMPETENSI PPL MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN AKUNTANSI FE UNNES ANGKATAN TAHUN 2006. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH PERILAKU BERKARYA (MPB) DAN PERSEPSI MAHASISWA MENGENAI BIMBINGAN GURU PAMONG TERHADAP KOMPETENSI PPL MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN AKUNTANSI FE UNNES ANGKATAN TAHUN 2006] Microsoft Word (PENGARUH PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH PERILAKU BERKARYA (MPB) DAN PERSEPSI MAHASISWA MENGENAI BIMBINGAN GURU PAMONG TERHADAP KOMPETENSI PPL MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN AKUNTANSI FE UNNES ANGKATAN TAHUN 2006)
Download (76kB)

Abstract

Dwi Listiyorini. 2010. ”Pengaruh Prestasi Belajar Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB) Dan Persepsi Mahasiswa Mengenai Bimbingan Guru Pamong Terhadap Kompetensi PPL Prodi Pendidikan Akuntansi FE UNNES Angkatan Tahun 2006”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi S1, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Drs. Partono Thomas, MS,. II. Agung Yulianto, S.Pd, M.Si. Kata Kunci : Prestasi Belajar MPB, Bimbingan Guru Pamong, Kompetensi PPL. Tujuan utama dari pelaksanaan program PPL ialah untuk melatih mahasiswa praktikan agar menjadi calon tenaga pengajar yang memeliki kompetensi yang memadai. Pada kenyataannya, mahasiswa belum menguasainya dengan maksimal. Secara teori, kompetensi PPL mahasiswa praktikan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Dalam studi kasus ini, faktor yang dikaji adalah prestasi belajar Mata kuliah Perilaku Berkarya (MPB) dan bimbingan dari Guru Pamong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh baik secara simultan maupun secara parsial antara prestasi belajar MPB dan bimbingan Guru Pamong terhadap Kompetensi PPL Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FE UNNES Angkatan Tahun 2006, serta besar pengaruhnya. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi FE UNNES Angkatan Tahun 2006 yang telah melaksanakan program PPL sejumlah 113 mahasiswa dari 2 kelas. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster proportional random sampling sejumlah 89 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode kuesioner (angket). Metode analisis data menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis statistik regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) secara simultan, terdapat pengaruh yang signifikan antara prestasi belajar MPB dan bimbingan Guru Pamong terhadap kompetensi PPL Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi FE UNNES Angkatan Tahun 2006, dengan kontribusi sebesar 17,2%, (2) tidak terdapat pengaruh signifikan antara prestasi belajar MPB terhadap Kompetensi PPL Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi FE UNNES Angkatan Tahun 2006. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan Guru Pamong terhadap Kompetensi PPL Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi FE UNNES Angkatan Tahun 2006, dengan kontribusi sebesar 18,92%. Adapun saran dari peneliti berdasarkan hasil penelitian ialah hendaknya mahasiswa, dosen dan pihak fakultas bersama-sama meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar MPB khususnya mata kuliah Evaluasi Pengajaran Akuntansi yang masih kurang atau rendah. Untuk penelitian selanjutnya, hendaknya mengikutsertakan variabel lain yang berpengaruh terhadap kompetensi PPL yang tidak dikaji pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 3314 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2011 07:05
Last Modified: 29 Nov 2011 07:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10079

Actions (login required)

View Item View Item