PENERAPAN MINDS ON AND HANDS ON SCIENCE UNTUK MENINGKATKAN SCIENCE PROCESS SKILLS SISWA SMA NEGERI 3 SRAGEN


HENY KUSPIYANTO, 4201406509 (2011) PENERAPAN MINDS ON AND HANDS ON SCIENCE UNTUK MENINGKATKAN SCIENCE PROCESS SKILLS SISWA SMA NEGERI 3 SRAGEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MINDS ON AND HANDS ON SCIENCE UNTUK MENINGKATKAN SCIENCE PROCESS SKILLS SISWA SMA NEGERI 3 SRAGEN] Microsoft Word (PENERAPAN MINDS ON AND HANDS ON SCIENCE UNTUK MENINGKATKAN SCIENCE PROCESS SKILLS SISWA SMA NEGERI 3 SRAGEN)
Download (75kB)

Abstract

Kuspiyanto, Heny. 2010. Penerapan Minds On And Hands On Science Untuk Meningkatkan Science Process Skills Siswa SMA Negeri 3 Sragen. Skripsi. Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing : Drs. Mosik, M.S. & Drs. Nathan Hindarto, Ph.D Kata Kunci : Minds On And Hands On Science dan Science Process Skills. Salah satu upaya mengatasi kualitas pembelajaran IPA yang hasil belajarnya secara nasional masih diperhatikan adalah dengan penerapan media pembelajaran. Salah satu pendekatan belajar fisika yang menggunakan media pembelajaran adalah Minds On And Hands On Science. Minds On And Hands On Science adalah salah satu pendekatan belajar yang berupa olah pikir dan olah tangan dalam pembelajaran sains yang mana siswa diberikan apersepsi berupa demonstrasi sains yang menunjukkan prinsip dan konsep sains sehingga siswa termotivasi melakukan Science Process Skills. Metode penelitian menggunakan rancangan eksperimen Randomized control Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian siswa kelas X SMA Negeri 3 Sragen tahun pelajaran 2009/2010, sampel diambil secara acak (random sampling) satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Untuk menganalisa data penelitian menggunakan uji-t dua pihak, untuk menganalisa peningkatan Science Process Skills menggunakan uji gain. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung sebesar 5.39 dengan ttabel = 1.99, sehingga thitung > ttabel. Hasil ini menunjukkan siswa yang diberi Minds On And Hands On Science memiliki hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang tidak diberi perlakuan. Hasil analisis lembar observasi kategori baik (73.6%) sehingga menunjukkan Minds On And Hands On Science dapat meningkatkan Science Process Skills. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan penerapan Minds On And Hands On Science lebih efektif meningkatkan Science Process Skills dibandingkan dengan siswa yang tidak mendapatkan perlakuan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 3314 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2011 06:51
Last Modified: 29 Nov 2011 06:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10067

Actions (login required)

View Item View Item