Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation (GI) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII di SMP Negeri 2 Ungaran


Widya Latif Kartika, 7101406036 (2011) Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation (GI) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII di SMP Negeri 2 Ungaran. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation (GI) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII  di SMP Negeri 2 Ungaran]
Preview
PDF (Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation (GI) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII di SMP Negeri 2 Ungaran)
Download (185kB) | Preview

Abstract

SARI Widya Latif Kartika. 2010. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII SMP Negeri 2 Ungaran. Skripsi. Jurusan manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Drs. Sugiharto ,M. Si. Pembimbing II. Dra. Nanik Suryani, M. Pd. Kata Kunci: Cooperative learning, Group Investigation, dan hasil belajar Tujuan utama Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu ialah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar peka terhadap masalah sosial yang terjadi di masyarakat, memiliki sikap mental positif terhadap perbaikan segala ketimpangan yang terjadi, dan terampil mengatasi setiap masalah yang terjadi sehari-hari baik yang menimpa dirinya sendiri maupun yang menimpa masyarakat. Hasil observasi awal di SMP 2 Negeri Ungaran diperoleh data bahwa pembelajaran IPS Terpadu di kelas VII memiliki indikasi hasil belajar yang rendah. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah sebanyak 67,6 % siswa kelas VII memperoleh nilai dibawah kriteria ketuntasan minimum. Untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS Terpadu, maka dilakukan penelitian dengan metode kooperatif tipe Group Investigation. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) apakah ada perbedaan hasil belajar IPS Terpadu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII (2) apakah model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation efektif untuk mengajarkan IPS Terpadu kelas VII (3) bagaimana tanggapan siswa terhadap pembelajaran IPS Terpadu pada kelas dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dan menganalisis apakah perbedaan hasil belajar IPS Terpadu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII (2) untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif model pembelajaran tipe Group Investigation dalam mengajarkan IPS Terpadu kelas VII (3) untuk mengetahui bagaimana tanggapan siswa terhadap pembelajaran IPS Terpadu pada kelas dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ungaran tahun pelajaran 2009/2010. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cara cluster random sampling diambil sampel sebanyak 2 kelas yaitu siswa kelas VII-9 sebagai kelompok kontrol yang dikenai pembelajaran dengan metode konvensional dan siswa kelas VII-3 yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Pada akhir pembelajaran, kedua kelompok sampel diberi tes dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembedanya. Metode Pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi, tes dan angket

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cooperative learning, Group Investigation, dan hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Users 3263 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2011 06:45
Last Modified: 29 Nov 2011 06:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10062

Actions (login required)

View Item View Item