Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournament (TGT) Model Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Keling Jepara.


Hesti Hayu Handayani, 4201406030 (2011) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournament (TGT) Model Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Keling Jepara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournament (TGT) Model Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Keling Jepara.]
Preview
PDF (Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournament (TGT) Model Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Keling Jepara.) - Submitted Version
Download (690kB) | Preview

Abstract

Fisika merupakan salah satu bagian dari ilmu pengetahuan alam yang tergolong tidak mudah dipahami, sehingga ketuntasan belajar pada mata pelajaran fisika termasuk rendah jika dibandingkan dengan mata pelajaran lain. Kondisi ini makin parah apabila guru yang mengajarkannya kurang dapat membangkitkan peran serta siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran dengan menggabungkan permainan serta penggunaan media dirasa mampu digunakan dalam pencapaian hasil belajar yang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana keberhasilan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games- Tournament (TGT) Model Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Keling Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian pembelajaran kooperatif tipe TGT model ular tangga ini diterapkan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Keling Jepara. Data hasil belajar kognitif diperoleh ketuntasan klasikal mengalami peningkatan yang signifikan dari 65% menjadi 98% pada siklus I dan 100% pada siklus II, dengan nilai rata-rata dari 65 menjadi 79 pada siklus I dan 83 pada siklus II. Hasil belajar afektif dari 63% menjadi 80% pada siklus I dan 90% pada siklus II, sedangkan hasil belajar psikomotorik dari 60% menjadi 83% pada siklus I dan 95% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT) model ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Keling Jepara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teams-Games-Tournament, Ular Tangga, Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 06 Apr 2011 02:38
Last Modified: 25 Apr 2015 04:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1006

Actions (login required)

View Item View Item