PENGARUH EFISIENSI PENGGUNAAN MODAL KERJA TERHADAP RENTABILITAS PADA KPRI DI KABUPATEN KUDUS TAHUN 2007-2008


SISKA ZULIANTI, 7250406522 (2011) PENGARUH EFISIENSI PENGGUNAAN MODAL KERJA TERHADAP RENTABILITAS PADA KPRI DI KABUPATEN KUDUS TAHUN 2007-2008. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of PENGARUH EFISIENSI PENGGUNAAN MODAL KERJA TERHADAP RENTABILITAS PADA KPRI DI KABUPATEN KUDUS TAHUN 2007-2008] Microsoft Word (PENGARUH EFISIENSI PENGGUNAAN MODAL KERJA TERHADAP RENTABILITAS PADA KPRI DI KABUPATEN KUDUS TAHUN 2007-2008)
Download (61kB)

Abstract

SARI Siska Zulianti. 2010. “ Pengaruh Efisiensi penggunaan Modal kerja Terhadap Rentabilitas Pada KPRI di Kabupaten Kudus tahun 2007-2008. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci : Modal Kerja dan Rentabilitas Ekonomi Rentabilitas ekonomi adalah suatu kemampuan perusahaan dalam mengoperasikan modal yang tertanam untuk memperoleh keuntungan. Masalah rentabilitas adalah penting dari masalah laba, karena laba yang lebih besar saja belumlah merupakan ukuran bahwa koperasi itu telah dapat menggunakan modalnya secara efisien. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Adakah pengaruh antara perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan secara terhadap rentabilitas di Kabupaten Kudus tahun 2007-2008 secara simultan dan parsial. Tujuan yang hendak dicapai oleh penulis adalah: Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara perputaran kas, piutang dan persediaan terhadap rentabilitas pada KPRI di Kabupaten Kudus tahun 2007-2008 secara simultan dan parsial. Populasi sasaran dalam penelitian ini adalah laporan keuangan KPRI yang terdaftar sebagai anggota PKP-RI Kabupaten Kudus tahun 2007-2008 yang dibatasi kriteria tertentu. Berdasarkan data PKP-RI diperoleh populasi 20 KPRI selama 2 tahun sehingga diperoleh jumlah 40 observasi. Variabel bebas penelitian ini perputaran kas, piutang dan persediaan, sedangkan variabel terikatnya adalah rentabilitas ekonomi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan perputaran kas, piutang dan persediaan berpengaruh signifikan terhadap rentabilitas. Secara parsial perputaran kas, piutang dan persediaan berpengaruh signifikan terhadap rentabilitas ekonomi. Simpulan dari penelitian ini yaitu secara simultan terdapat pengaruh signifikan antara perputaran kas, piutang dan persediaan terhadap rentabilitas ekonomi pada KPRI di Kabupaten Kudus tahun 2007-2008. Secara parsial terdapat pengaruh signifikan antara perputaran kas, piutang dan persediaan terhadap rentabilitas ekonomi. KPRI di Kabupaten Kudus tahun 2007-2008. Maka saran yang dapat peneliti berikan adalah KPRI hendaknya meningkatkan perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan dengan meningkatkan penjualan dan penyaluran kredit sehingga rentabilitas ekonomi meningkat, Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengungkapkan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi rentabilitas ekonomi selain perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan seperti efisiensi pengendalian biaya, volume penjualan dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modal Kerja dan Rentabilitas Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 3263 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2011 06:46
Last Modified: 29 Nov 2011 06:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10055

Actions (login required)

View Item View Item