PENGARUH INTERNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SEJARAH SISWA KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 BANDAR KABUPATEN BATANG TAHUN AJARAN 2009/2010


Rizal Fauzi , 3101406555 (2011) PENGARUH INTERNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SEJARAH SISWA KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 BANDAR KABUPATEN BATANG TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PENGARUH INTERNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SEJARAH SISWA KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 BANDAR KABUPATEN BATANG TAHUN AJARAN 2009/2010]
Preview
PDF (PENGARUH INTERNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SEJARAH SISWA KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 BANDAR KABUPATEN BATANG TAHUN AJARAN 2009/2010) - Published Version
Download (101kB) | Preview

Abstract

Fauzi, Rizal. 2010. Pengaruh Internet Terhadap Prestasi Belajar IPS Sejarah Kelas X semester II SMAN 1 Bandar Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi, Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: (I) Drs. Subagyo, M.Pd. (II) Drs. Abdul Muntholib, M.Hum. Kata Kunci: penggunaan Internet, prestasi belajar Internet adalah jaringan global yang menghubungkan jutaan komputer di seluruh dunia, dimana komputer yang tersambung ke Internet menyediakan informasi yang terbuka untuk umum. Dewasa ini pemanfaatan Internet sangat banyak dilakukan, hal ini tidak terlepas dari kegiatan pengguna Internet untuk mencari informasi demi menunjang kegiatan pengguna sendiri. Pemanfaatan Internet merupakan hal yang efektif dan efisien dari pada menggunakan media lain, seperti buku, majalah, dokumentasi lapangan, dan sebagainya. Hal ini tidak lepas dari banyaknya informasi yang ada di Internet, jutaan bahkan ratusan juta informasi yang siap diunduh oleh pengguna. Siswa Kelas X SMAN 1 Bandar Kabupaten Batang juga memanfaatkan Internet untuk menunjang pembelajaran mereka, dari mencari informasi tugas sekolah sampai memanfaatkan Internet sebagai media hiburan. Pemanfaatan Internet sendiri diharapkan bisa meningkatakan presatasi belajar siswa. Masalah yang diteliti adalah: Bagaimana penguasaan siswa SMAN 1 Bandar Kabupaten Batang kelas X Semester II terhadap penggunaan internet Tahun ajaran 2009/2010? Adakah pengaruh penggunaan internet terhadap Prestasi belajar IPS Sejarah siswa kelas X Semester II SMAN 1 Bandar Kabupaten Batang Tahun ajaran 2009/2010? maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui penguasaan siswa dalam mengenal Internet, penggunaan Internet, pemanfaatan Internet dalam mendukung pembelajaran, dan pengaruh penggunaan Internet terhadap prestasi belajar IPS Sejarah Kelas X semester II SMAN 1 Bandar Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2009/2010. Dalam penelitian ini ada dua variabel yang digunakan yaitu pemanfaatan Internet (X) dan prestasi belajar (Y). Pemanfaatn intenet ini menggunakan tiga sub variabel yakni mengenal Internet, penggunaan Internet, dan alasan pemanfaatan Internet. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Untuk mengambil sampel dari populasi siswa Kelas X semester II SMAN 1 Bandar Kabupaten Batang menggunakan teknik random sampling. Sedangkan teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis korelasi. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode angket, Tes, Wawancara dan dokumentasi. Populasinya adalah seluruh siswa Kelas X semester II SMAN 1 Bandar Kabupaten Batang dan sampel sebanyak 30 siswa. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan dari hasil angket yang disebarkan dalam penelitian, maka setelah dimasukkan ke dalam rumus Deskriptif Persentase kemudian didapatkan hasil sebesar : 78 %, sehingga dapat ditafsirkan bahwa penguasaan internet kelas X di SMA Negeri 1 Bandar Kabupaten Batang Tahun 2009/2010 termasuk dalam kategori Baik. Disamping menggunakan angket, untuk mengetahui tentang penguasaan penggunaan internet internet kelas X di SMA Negeri 1 Bandar Kabupaten Batang Tahun 2009/2010 juga dilakukan dengan wawancara dengan beberapa guru dan murid. Hasil wawancara dengan beberapa guru menunjukan bahwa sebagian besar siswa bisa berinternet dalam kaitantanya untuk menunjang pembelajaran. Berdasarkan hasil Uji hipotesis diperoleh pengaruh yang positif dan signifikan antara pemanfaatan Internet dengan prestasi belajar siswa, terbukti nilai rxy= 0,378 dengan taraf signifikansi 0,05 (r tabel 0,361), berarti r hitung lebih besar dari r tabel (r hitung > r tabel ) artinya hipotesis dari penelitian dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, peneliti memberikan saran antara lain sebagai berikut : 1) Mengingat masih ditemukan sebagian kecil dari siswa yang belum bisaberinternet dalam kaitanya untuk menunjang pembelajaran, maka hal ini harus menjadi perhatian guru khususnya guru TIK agar siswa tadi bisa menggunakanya terutama dalam mendukung untuk membuat tugas, 2) Mengingat internet juga membawa dampak negatif, maka bagi para Guru untuk terus memberikan bimbingan moral kepada siswanya agar hal-hal yang bersifat negatif bisa dihindari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: penggunaan Internet, prestasi belajar
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 3261 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2011 06:20
Last Modified: 29 Nov 2011 06:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10036

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item