PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA OPERASI HITUNG CAMPURAN MELALUI PENDEKATAN REALISTIK PADA KELAS II SDN MARGASARI 06 KECAMATAN MARGASARI KABUPATEN TEGAL


Sokhidin , 1402908230 (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA OPERASI HITUNG CAMPURAN MELALUI PENDEKATAN REALISTIK PADA KELAS II SDN MARGASARI 06 KECAMATAN MARGASARI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA OPERASI HITUNG CAMPURAN  MELALUI PENDEKATAN REALISTIK  PADA KELAS II SDN MARGASARI 06  KECAMATAN MARGASARI KABUPATEN TEGAL] Microsoft Word (PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA OPERASI HITUNG CAMPURAN MELALUI PENDEKATAN REALISTIK PADA KELAS II SDN MARGASARI 06 KECAMATAN MARGASARI KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (45kB)

Abstract

Sokhidin, 2010. Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Campuran MelaluiPendekatan Realistik pada Kelas II SD Negeri Margasari 06 Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal. Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang Pembimbing I Dra. Noening Andrijati, M.Pd; 2. Drs. Utoyo, 128 Halaman Kata Kunci: Peningkatan Kemampuan, Soal Cerita, Pendekatan Realistik Latar belakang dalam penelitian skripsi ini bahwa hasil belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita yang dicapai siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran matematika di SD Negeri Margasari 06 Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal hanya bersifat teoritis. Guru belum menggunakan alat peraga/media secara maksimal, guru tidak mengaitkan soal cerita dengan kehidupan sehari-hari, dan guru belum menerapkan metode pengajaran yang tepat. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah bagaimana proses hasil belajar siswa kelas II semester genap tahun 2009/2010 SD Negeri Margasari 06 dengan menggunakan pendekatan realistik dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung campuran perkalian dengan pembagian dapat ditingkatkan? Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang operasi hitung campuran perkalian dengan pembagian pada siswa kelas II SD Negeri Margasari 06 Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal. Penelitian ini bermanfaat utuk meningkatnya pemahaman dan keterampilan dalam menyelesaikan soal cerita dengan pendekatan realistik pada pokok bahasan oerasi hitung campuran perkalian dengan pembagian, guru memperoleh informasi tentang pendekatan realistik dalam pembelajaran matematika SD dan dapat meningkatkan hasil dari proses pembelajaran matematika pada siswa kelas II di SD Negeri Margasari 06 menlalui pendekatan realistik. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri Margasari 06 Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal sebanyak 35 siswa terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini di awali dengan pemberian tes awal yang bertujuan untuk memperoleh gambaran awal kemampuan siswa dalam memahami konsep perkalian dan pembagian dengan operasi hitung bilangan. Cara pengumpulan data dilakukan melalui tes, pengamatan aktivitas belajar siswa dalam proses belajar mengajar, dan performansi guru, indikator keberhasilan PTK ini rata-rata hasil belajar sekurang-kurangnya 60, persentase tuntas klasikan sekurang-kurangnya 75 %, skor aktivitas belajar siswa lebih dari 75 % dan nilai kinerja guru (performansi guru) minimal B. Hasil penelitian siswa kelas II SD Negeri Margasari 06 Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal pada tahun pelajaran 2009/2010, menunjukkan hasil yang diperoleh pada siklus I rata-rata prestasi belajar sebesar 64, skor aktivitas siswa 72 %dan skor performansi guru sebesar 70%. Pada siklus II rata-rata prestasi belajar 77, skor aktivitas siswa sebesar 94 %, dan skor performansi guru sebesar 94% terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II rata-rata prestasi belajar 13, skor aktivitas belajar siswa sebesar 22 % dan skor performansi guru 24%. Simpulan yang diperoleh berdasarkan hasil pembahasan skripsi ini adalah dalam pendekatan realistik siswa mampu mengembangkan diri dalam memecahkan masalah yang dapat diimplementasikan melalui matematika di lingkungannya. Saran yang disampaikan kaitannya dengan hasil penelitian adalah guru dalam mengajar matematika hendaknya mengaitkan lingkungan siswa sebagia sumber belajar dan di implementasikan dalam bentuk soal cerita secara realistik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Kemampuan, Soal Cerita, Pendekatan Realistik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 3261 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2011 06:22
Last Modified: 29 Nov 2011 06:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10025

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item