PENGEMBANGAN ASESSMEN PORTOFOLIO PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MEMENUHI STANDAR PENILAIAN KTSP
Indah Kusuma Astuti , 4401406052 (2011) PENGEMBANGAN ASESSMEN PORTOFOLIO PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MEMENUHI STANDAR PENILAIAN KTSP. Under Graduates thesis, unnes.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN ASESSMEN PORTOFOLIO PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MEMENUHI STANDAR PENILAIAN KTSP)
- Published Version
Download (104kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Kusuma Astuti, Indah. 2010. Pengembangan Asessmen Portofolio pada Pembelajaran Biologi untuk Memenuhi Standar Penilaian KTSP. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang. Prof. Dr. Sri Mulyani ES, M. Pd dan Dr. Ir. Priyantini Widiyaningrum, M.S. Penilaian dalam KTSP menganut prinsip penilaian berkelanjutan dan komprehensif guna mendukung upaya memandirikan siswa untuk belajar, bekerja sama, dan menilai diri sendiri. Karena itu, penilaian dilaksanakan dalam kerangka penilaian berbasis kelas (PBK). Selama ini cara penilaian yang digunakan di SMA N 2 Ungaran yaitu menggunakan paper and pen test yang belum banyak mengukur motivasi, kinerja, partisipasi dan proses belajar yang dilakukan siswa. Proses penilaian yang selama ini diterapkan hanya dilakukan di akhir pokok bahasan sehingga lebih mengukur hasil belajar siswa saja, tetapi kurang memberikan informasi yang lengkap mengenai proses pembelajaran. Salah satu alternatif penilaian yang komprehensif adalah dengan menggunakan penilaian berbasis portofolio (portfolio based asessment). Sistem penilaian berbasis portofolio mencatat dan mendokumentasikan indikator proses dan hasil belajar siswa dalam suatu bundel (portfolio). Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan asessmen portofolio pada pembelajaran biologi di SMA N 2 Ungaran yang memenuhi standar penilaian KTSP. Penelitian dilaksanakan di SMA N 2 Ungaran semester genap Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan rancangan penelitian Research and Development (R&D). Subyek penelitian adalah format asessmen portofolio. Variabel dalam penelitian ini adalah kualitas format asessmen portofolio pada pembelajaran biologi. Sedangkan instrumen pengambilan data yang digunakan adalah angket kuisioner tertutup dan panduan wawancara. Hasil penelitian diperoleh format asessmen portofolio dengan hasil tanggapan guru pada uji coba pertama, uji coba kedua dan penerapan produk sebesar 72,91 %, 77,08 % dan 81,25 %. Tanggapan siswa pada uji coba pertama, uji coba kedua dan penerapan produk sebesar 76,04 %, 76,54 % dan 76,69 %. Persentase tanggapan guru dan siswa tersebut dalam kriteria baik. Simpulan penelitian adalah melalui uji coba dihasilkan produk format asessmen portofolio yang sesuai dengan standar penilaian KTSP yaitu format asessmen portofolio yang meliputi 7 bagian berupa identitas pemilik portofolio, lembar penilaian tes ulangan harian, lembar penilaian tugas terstruktur, lembar penilaian perilaku harian, lembar penilaian ekstrakurikuler, nilai akhir portofolio dan refleksi. Pada penelitian selanjutnya, disarankan untuk mengkaji tentang efektivitas penerapan asessmen portofolio dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Asessmen portofolio, Pembelajaran Biologi, Standar penilaian KTSP iv
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Asessmen portofolio, Pembelajaran Biologi, Standar penilaian KTSP |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | Users 3257 not found. |
Date Deposited: | 29 Nov 2011 06:23 |
Last Modified: | 29 Nov 2011 06:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10015 |
Available Versions of this Item
- PENGEMBANGAN ASESSMEN PORTOFOLIO PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MEMENUHI STANDAR PENILAIAN KTSP. (deposited 29 Nov 2011 06:23) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |