PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN PRAKTIKUM PEMBUATAN NATA PADA MATERI DAUR ULANG LIMBAH TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 2 DEMAK

Siwi Dyah Utami, 4401406027 (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN PRAKTIKUM PEMBUATAN NATA PADA MATERI DAUR ULANG LIMBAH TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 2 DEMAK. Under Graduates thesis, unnes.

This is the latest version of this item.

Abstract

ABSTRAK Utami, Siwi Dyah. 2010. Penerapan Pembelajaran dengan Praktikum Pembuatan Nata pada Materi Daur Ulang Limbah terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA N 2 Demak. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang. Dr. Siti Harnina Bintari, M.S, Dr.Ir. Priyantini Widyaningrum, M.S. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dan dikembangkan dalam pembelajaran Biologi di SMA N 2 Demak khususnya pada materi Daur Ulang Limbah adalah pembelajaran dengan praktikum pembuatan nata di mana selain mendidik juga memungkinkan siswa dapat mempelajari proses pengolahan suatu bahan menjadi produk yang bermanfaat bagi masyarakat. Tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA N 2 Demak pada materi Daur Ulang Limbah melalui pembelajaran dengan praktikum pembuatan nata. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 2 Demak kelas X pada Semester Genap Tahun Ajaran 2009 / 2010. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 2 Demak yang terdiri dari 6 kelas. Adapun sampelnya adalah siswa kelas X-1 dan X-2. Kedua kelas tersebut diberikan penerapan pembelajaran dengan praktikum pembuatan nata pada Materi Daur Ulang Limbah. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan One-Shot Case Study. Penilaian aktivitas terdiri dari peniliaian dalam ranah afektif dengan persentase sebesar 83,15% dan tergolong kriteria tinggi, sedangkan persentase aktivitas psikomotorik sebesar 90,21% dengan kriteria sangat tinggi. Hasil belajar diperoleh dari rata-rata nilai jawaban LDS, nilai tugas dan evaluasi akhir. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai sebesar 75,86. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan praktikum pembuatan nata dapat diterapkan pada Materi daur Ulang Limbah di SMA N 2 Demak yang ditunjukan dengan tercapainnya indikator keberhasilan pembelajaran yaitu aktivitas siswa mencapai tingkat aktif dan hasil belajar mencapai ketuntasan individu 70. Saran yang dapat disampaikan yaitu Pembelajaran dengan praktikum pembuatan nata dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran pada materi yang sesuai, khususnya pada materi Daur Ulang Limbah. Kata Kunci : Praktikum pembuatan nata, Materi Daur Ulang Limbah, One-Shot Case Study

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Praktikum pembuatan nata, Materi Daur Ulang Limbah, One-Shot Case Study
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: afis nursaid fisika
Date Deposited: 29 Nov 2011 01:25
Last Modified: 29 Nov 2011 01:25

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item